Rabu, 09 Desember 2015

Si Bungsu Yang Bicara

"Anak bungsu pasti manja". Kalimat begini mungkin sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Selain kalimat itu, masih banyak kalimat-kalimat yang menjudge anak-anak bungsu (termasuk gue) sebagai anak manja, tidak bisa diandalkan, hanya merepotkan keluarga, dll. Tapi sebenernya, sebagai anak bungsu banyak hal positif yang bisa gue dapet dari peran gue sabagai anak bungsu. Mau tau apa aja?Check it out!

  • Anak yang paling deket sama orang tua.
Sayang Ibu

Yang dimaksud dengan "paling deket" disini bukan selalu berarti paling gampang minta ini itu. Sebagai contoh kecil, gue yang sebagai anak bungsu, ngerasa paling sayang sama nyokap n bokap. Banyak hal yang bisa gue dapet dari nyokap, mulai dari pengalaman hidup sampai obrolan dari hati ke hati. Nyokap selalu ingetin gue untuk bersikap bijak dan baik di kehidupan sehari-hari. Gue selalu punya pemikiran yang sama dengan nyokap dalam suatu hal, jadi bisa meminimalisir adu argumen yang sebenernya gak perlu. 
  • Bisa dapet banyak resep masakan dan trik jitu dalam memasak
Masak

Gue yang notabene gak pinter masak, bukan berarti gak punya kemauan belajar masak. Boleh dibilang, masakan nyokap gue itu masakan yang "nge-indonesia" banget, alias ueenaaakkk bangett (bukan nyombong loh, tapi temen-temen dan sodara-sodara juga bilang begitu, hehe). Nyokap gue banyak ngajarin trik tradisional tentang cara memasak yang enak dan bersih yang gak ada di buku resep masakan. Tapi emang sih, anak-anak gadis tempo dulu banyak yang sudah pinter masak. Gak kayak jaman sekarang, pinter main gadget (termasuk gw, hoho). Gue juga jadi terbiasa untuk bersih-bersih rumah mulai dari mencuci piring, cuci pakaian, dan lain-lain . 


Belanja bareng nyokap
Nyokap lebih sering minta untuk ditemani belanja, entah itu belanja baju, alat rumah tangga, atau apapun. Mungkin karena gue tipikal anak yang "yes, mom". Karena gue gak terlalu pinter memadu-padankan pakaian biar terlihat up-date, gue selalu minta saran dan pendapat nyokap dalam belanja pakaian. Ini gak termasuk kategori manja loh, karena setiap orang pasti membutuhkan orang lain dalam menilai penampilan nya sendiri kan? :p 
Gue juga jadi bisa belajar belanja, terutama belanja sayuran dan perlengkapan rumah tangga supaya gak canggung lagi saat gue sudah berubah jadi ibu rumah tangga (calon ibu rumah tangga yang baik... Pe-de mode on. Haha)


  • Ngerawat saat nyokap sakit
Saat nyokap sakit, semua anak memang terlihat sibuk. Tapi karena gue yang lebih banyak menghabiskan waktu bareng nyokap, gue biasanya tau apa yang harus gue lakukan. Mulai dari bersih-bersih rumah, nyiapin makanan untuk nyokap, siap kesana kemari jika dibutuhkan dan hal-hal lain. Gue juga siaga jika nyokap minta dipijit, dikompres kalau badan panas dan minta diantar ke toilet. Gue sebagai anak bungsu, akan ngerasa sebagai anak yang paling "memiliki" orang tua, apalagi nyokap. Bukan berarti gue egois, tapi menurut gue rasa "memiliki" untuk menjaga itu gak ada salahnya. 


  • Selamanya, nyokap akan mengaggap anak bungsu nya sebagai anak-anak

Nyokap akan selamanya berpikir bahwa gue adalah anak-anak, tapi bukan dalam arti kata negatif seperti kekanakan, manja atau tidak bisa berpkiri bijak. Bukan! Tapi lebih ke secara fisik. Walau pun mungkin nanti gue bakal nikah dan punya anak, nyokap akan terus berpikir bahwa gue adalah anak gadis ny yang manis dan selalu ada saat nyokap sakit, atau butuh temen. #ciyeeee

  • Travelling bareng nyokap
Nyokap juga bisa jadi travelling partner yang seru. Gue dan nyokap sering jalan-jalan bareng. Banyak cerita seru selama kita jalan, mulai dari ketinggalan kereta, nyasar sampai ketemu tempat belanja atau tempat makan yang baru dan wajib balik lagi ke sana. Hal-hal begini yang gak bisa didapet semua anak dengan orang tua nya. 

Itu beberapa hal positif yang bisa gue dapet dan gue lakuin bareng nyokap. Mungkin masih ada hal-hal lain yang bisa dirasain sama anak-anak bungsu lain nya. Jadi, jangan sembarangan bilang kalau anak bungsu itu manja. Anak bungsu pun bisa jadi anak yang diandalkan dalam keluarga, tergantung bagaimana didikan nya. 

Salam anak bungsu.

^_^













0 komentar:

Posting Komentar

 

Princess Speaks Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang